Metode ini berdasarkan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan metode MATRIKS yang ditampilkan dalam bentuk yang aplikatif untuk menyelesaikan soal secara cepat.
Sebagai contoh diketahui persamaan linear : 


  x +  2 y  =  8  dan  x  -  y  =  2

1. Mencari pembilang x
Tutuplah dengan jari tangan atau penggantinya pada bagian x (yang dilingkari). Terus kalikanlah pasangan angka yang ditunjukkan tanda panah, mula-mula atas-bawah lalu bawah-atas. Kemudian selisihkan pasangan atas-bawah dengan bawah-atas.


pembilang x =  ( 8 . (-1) )  - ( 2 . 2 ) =  -8 - 2  =  -12

2. Mencari pembilang y
Tutuplah dengan jari tangan atau penggantinya pada bagian y (yang dilingkari). Terus kalikanlah pasangan angka yang ditunjukkan tanda panah, mula-mula atas-bawah lalu bawah-atas. Kemudian selisihkan pasangan atas-bawah dengan bawah-atas.


 pembilang y =  ( 1 . 2 )  -  ( 1 . 8 )  =  2 - 8 =  -6

3. Mencari penyebut untuk x dan y
Tutuplah dengan tangan atau penggantinya pada bagian konstanta (hasil). Terus kalikanlah pasangan angka yang ditunjukkan tanda panah, mula-mula atas-bawah lalu bawah-atas. Kemudian selisihkan pasangan atas-bawah dengan bawah-atas.


penyebut keduanya sama yaitu =  ( 1 . (-1) ) - ( 1 . 2 )  =  -1 - 2  =  -3

4. Hasil akhir (pembilang per penyebut)

    x = -12 / (-3) = 4
    y = -6 / (-3) = 2   

 Sepintas metode ini nampak panjang, namun sebenarnya yang kalian tampilkan dalam kertas hitungan hanya pada langkah ke 4 saja. angka-angka yang diperoleh dalam langkah ke 4 adalah angka hasil perkalian dan hasilnya diselisihkan dalam langkah 1 sampai 3 yang kalian kerjakan secara "awangan" (dalam pikiran).He...he...
trus, Metode ini mempunyai beberapa keunggulan :
  • mengalikan dan menyelisihkan hasilnya secara "awangan" membuat kalian semakin lancar dalam soal hitungan
  • perkalian yang melibatkan garis-garis panah membuat otak kanan kita ikut aktif dalam perhitungan sehingga kita menjadi lebih kreatif.


0 comments so far,add yours