Artikel ini adalah lanjutan artikel saya sebelumnya tentang rangkuman rumus2 fisika tentang mekanika :


Sebelum kalian melanjutkan mengCopy rangkuman di bawah ini.... aku ingin berbagi tips dan trik dalam mengerjakan soal FISIKA... yaitu soal perbandingan. Dalam perbandingan ada 2 kemungkinan :
  1. Berbanding lurus
  2. Berbanding terbalik

berbanding lurus artinya antara besaran yang dibandingkan jika besaran yang satu bertambah maka besaran yang lain juga bertambah dan sebaliknya jika besaran yang satu bertambah besaran yang lain juga berkurang.

berbanding terbalik artinya antara besaran yang dibandingkan jika besaran yang satu bertambah maka besaran yang lain berkurang dan sebaliknya jika besaran yang satu berkurang besaran yang lain bertambah.

sebagai contoh rumus kecepatan :






kecepatan = jarak dibagi waktu

antara jarak dan kecepatan berbanding lurus....artinya dalam waktu ( t ) yang sama jika jaraknya bertambah maka kecepatannya juga bertambah begitu pula dengan kebalikannya.... jika jaraknya berkurang maka kecepatannya juga berkurang.







perhatikanlah susunan 1 dan 2 nya... Satu ( 1 ) artinya sebelum terjadi perubahan sedangkan dua ( 2 ) artinya setelah terjadi perubahan....

lalu...., antara waktu dan kecepatannya berbanding terbalik.... artinya untuk menempuh jarak ( s ) yang sama jika waktunya bertambah maka kecepatannya berkurang dan sebaliknya jika waktunya berkurang maka kecepatannya bertambah.







dapatkah kalian mengamati perbedaan susunan perbandingan antara yang berbanding lurus dengan yang berbanding terbalik...??

jadi yang dibandingkan adalah besaran yang nilainya mengalami perubahan... sedangkan yang nilainya tetap tidak perlu ditulis dalam perbandingan....

dan bisa jadi besaran yang mengalami perubahan lebih dari dua besaran.... cara penyusunan perbandingannya tergantung berbanding lurus atau terbalik atau kombinasinya... yang dihubungkan dengan tanda kali...






Jika dalam rumus ada tanda akar atau kuadrat maka juga dimasukkan dalam perbandingan.... sebagai contoh rumus gaya grafitasi di bawah ini :






dapat disusun perbandingan anrata Gaya grafitasi dan  perubahan jaraknya sebagai berikut :







Gaya grafitasi berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya... disusun menjadi :







Contoh :
Jika suatu benda di permukaan bumi mempunyai gaya grafitasi F maka gaya grafitasi benda tersebut di atas permukaan bumi setinggi dua kali jari2 bumi adalah...?

karena di permukaan bumi maka R1 = R (jari2 bumi) sedangkan R2 yang berada pada ketinggian 2R dari permukaan mempunyai nilai R2 = 3R ( ingat jarak dihitung dari pusat bumi.... )





Semoga bermanfaat.... :)

Selanjutnya lanjutan dari rangkuman rumus-rumus mekanika aku sajikan di bawah ini...















Aku sarankan kalian tidak hanya mengCopy rumus2 di atas tapi kalian tulis ulang dengan tulisan tanganmu sendiri dan jika perlu kalian beri keterangan2 tambahan sehingga menjadi lebih paham dan mudah dipelajari....

0 comments so far,add yours